Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Serial Number Laptop Menggunakan CMD


Nomor seri pada laptop atau serial number adalah sebuah kode yang terdiri atas angka atau huruf yang sengaja ditanamkan oleh produsen pada sebuah unit produk mereka (Mother Board Laptop) sebagai bukti keaslian produk itu sendiri.

Contoh Serial Number: PXR2076AGU. 
Biasa disimbolkan dengan SN, S/N atau Serial No.
Bagi saya pribadi, mengetahui nomor seri laptop itu adalah hal yang wajib, karena biasanya saya langsung mendaftarkan produk yang saya beli ke situs resminya agar selain mengetahui keaslian produk, juga mempermudah saya menghubungi pusat bantuan jika terjadi kendala pada laptop yang saya miliki.

Jika stiker serial number pada belakang laptop itu sudah buram sehingga serial number sudah tidak kelihatan, sobat bisa melakukan 4 cara di bawah ini, kalau gak mau ribet bisa langsung ke cara 3 atau 4.

Cara Mengetahui Nomor Seri Laptop

1. Melihat Stiker Serial Number

cara mengetahui serial number laptop dari stiker laptop
Ini adalah cara termudah untuk mengetahui nomor seri pada laptop, yakni dengan cara melihat stiker yang ditempelkan pada laptop. Pada umumnya stiker ini ditempelkan pada bagian bawah laptop, namun ada juga beberapa produk yang menempelkannya pada sisi yang lain. Hampir seluruh laptop mencantumkan stiker tersebut, seperti ASUS, Lenovo, Dell, HP, Acer dan lain-lain. Contohnya dapat kamu lihat pada gambar di atas.

2. Melihat Info Serial Number Pada Box

cara mengetahui serial number laptop dari kotak laptop
Selain pada stiker, nomor seri juga disematkan pada box atau kotak laptop. Lihat sisi-sisi kotak laptop kamu, dan temukan informasi seperti gambar di atas, kamu akan menemukan serial number disitu. Lakukan cara ini jika pada laptop kamu tidak terdapat stiker info produk seperti pada cara nomor 1.

3. Mengetahui Nomor Seri Menggunakan CMD

Jika kamu tidak menemukan serial number menggunakan cara di atas, kamu masih menggunakan menggunakan cara ini. Pada cara ini kita akan memanfaatkan yang namanya CMD atau Command Prompt yang ada pada Sistem Operasi Windows. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Start, ketik CMD pada kolom pencarian, kemudian buka dan akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.

Bisa juga menggunakan: Windows + R, ketik cmd, Enter.
cara mengetahui serial number laptop menggunakan CMD
2. Setelah itu, ketik perintah berikut "wmic bios get serialnumber" dan tekan Enter.
cara mengetahui serial number laptop menggunakan CMD
3. Jika kamu benar mengetik perintahnya maka akan muncul Serial Number Laptop kamu seperti gambar dibawah ini. Selesai.
cara mengetahui serial number laptop menggunakan CMD

4. Melalui BIOS

cara mengetahui serial number laptop menggunakan BIOS

Kamu juga dapat menemukan informasi tentang serial number pada BIOS. Saya anggap kalian sudah paham apa itu BIOS dan bagaimana cara mengaksesnya,  jika belum paham kalian bisa cari tahu di Google atau Search Engine lain. 

Kamu akan menemukan informasi serial number disana, saya tidak dapat memastikan dimana serial number diletakkan, karena setiap merk memiliki tampilan BIOS yang berbeda -beda, namun biasanya terletak pada tab main seperti gambar di atas.

Penutup

Cara di atas dapat diterapkan pada semua merk laptop seperti ASUS, Lenovo, HP, Dell, Acer dan masih banyak lagi. Apabila terjadi masalah kita bisa berdiskusi di kolom komentar. Semoga tutorial di atas bermanfaat bagi kalian. Saya pamit, Stay update.


Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Serial Number Laptop Menggunakan CMD "