Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi File Not Found, Check The File Name di Windows 10


"File not found. Check file name, and try again". Begitulah isi pesan yang saya dapatkan saat ingin menyimpan file di dokumen di Windows 10. Ini sangat menjengkelkan, karena walaupun saya sudah mengubah nama file berkali-kali, tetap saja hasilnya sama. Berikut adalah tangkapan layar pesan tersebut.
Pada artikel ini saya akan membagikan cara mengatasi pesan "File not found. Check the file name, and try again" saat ingin menyimpan file di Windows 10. Jadi jika anda mengalami masalah serupa, saya berharap artikel ini bisa membantu anda. 

Penyebab masalah

Hal tersebut terjadi karena Perlindungan Ransomware aktif sehingga direktori (tempat penyimpanan) file (dalam hal ini: folder dokumen) dilindungi oleh Windows Defender. Lebih detail-nya, Windows Defender mencegah folder tertentu (folder dokumen dan lainnya) untuk ditulisi oleh software yang dianggap tidak dipercaya untuk tujuan keamanan.

Cara mengatasi

Berikut adalah cara-caranya.
  1. Masuk ke Windows Defender.
  2. Pilih Perlindungan dari virus & ancaman.
  3. Masuk ke Perlindungan Ransomware.
  4. Non Aktifkan Akses Folder Terkontrol. Jika anda ingin tetap mengaktifkan-nya, anda bisa masuk ke Folder terlindungi untuk mengatur folder-folder mana yang ingin dilindungi atau Izinkan aplikasi  melalui akses folder terkontrol agar software diberikan izin menulis file.
  5. Selesai.
Itulah dia cara mengatasi "File not found. Check the file name, and try again" dengan mudah. Intinya, jika anda mengalami masalah seperti diatas, besar kemungkinan dikarenakan Perlindungan ransomware. Saya berharap artikel ini bisa membantu anda, sampai jumpa.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi File Not Found, Check The File Name di Windows 10"