Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Manfaat Berkontribusi di Google Local Guides

Google Local Guides merupakan bagian dari Google Maps. Google Local Guides adalah wadah bagi siapa saja untuk berkontribusi.

Seperti menilai suatu tempat, rating, menjelaskan pengalaman Anda dengan review, membagikan foto dan video, menyampaikan insight dengan jawaban.

Menanggapi pertanyaan tentang suatu tempat, mengupdate informasi dengan pengeditan tempat, menambahkan tempat yang belum ada, atau memverifikasi informasi dengan memeriksa fakta.

Apakah kamu pernah mencari sebuah tempat di Google Maps namun tidak mendapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang kamu cari?

Jika kamu pernah mengalaminya, hal itu karena Google Maps tidak dapat menemukan data yang valid terkait dengan tempat yang kamu cari tadi.

Itulah alasan mengapa Google Maps menghadirkan fitur Google Local Guides di dalam nya, agar semua orang memiliki akses untuk menambahkan, menyunting ataupun melengkapi informasi tentang suatu lokasi di Google Maps.

 Sehingga semua orang dapat menemukan tempat yang ia inginkan.

Kenapa saya harus mendaftar sebagai Local Guides?

Jika kamu adalah orang yang sering berkunjung ke suatu tempat, maka saya sangat menyarankan untuk segera mendaftar sebagai Local Guides, karena selain dapat membantu banyak orang dengan berbagai ulasan dan informasi suatu lokasi. 

Kamu juga akan mendapatkan berbagai manfaat seperti rewards yang tidak terduga dari Google. 

Rewards dari Google biasanya akan di berikan setidaknya setiap 2 bulan sekali dalam bentuk voucher.

Perangkat apa yang saya butuhkan untuk menjadi Local Guides?

Kamu bisa gunakan perangkat apa saja, baik itu Smartphone, Desktop, PC, bebas, asalkan perangkat tersebut memiliki koneksi internet.
Berdasarkan pengalaman saya selama ini, saya lebih cenderung menggunakan perangkat Android karena lebih fleksibel dalam penggunaannya. 

Simak 6 manfaat yang kamu dapatkan setelah turut berkontribusi di Google Local Guides berikut ini.

6 Manfaat Berkontribusi di Google Local Guides

1. Menerima Rewards Tidak Terduga dari Google

Salah satu alasan kuat mengapa saya bergabung sebagai Google Local Guides adalah karena hadiah dari Google yang menurut saya sangat worth it dengan apa yang saya kerjakan sebagai Local Guides. 

Sejak Oktober 2017 saya bergabung, hingga saat ini saya sudah menerima setidaknya 4 hadiah dari Google di antara nya adalah voucher diskon 25% Red Bus (tidak saya gunakan karena di lokasi saya tidak ada), voucher Ayopop senilai Rp. 100.000, voucher diskon hotel Airy senilai Rp. 150.000 (tidak saya gunakan), dan yang terakhir saya dapatkan adalah voucher top up Tokopedia senilai Rp. 35.000. 

Nilai hadiah yang kamu terima tergantung dari tingkatan level akun yang kamu miliki, sedangkan level akun tergantung dari poin yang hanya bisa diperoleh apabila kamu berkontribusi di Google Maps. 

Misalnya hadiah yang terakhir, saya hanya mendapatkan voucher Rp. 35.000 karena saya pada saat itu berada di level 5, jika saya berada di level 10 pada saat itu, maka voucher yang akan saya terima senilai Rp. 100.000.

2. Menghadiri Acara Akbar Para Local Guides Seluruh Dunia

Selain menerima hadiah, manfaat lainnya adalah, kamu berkesempatan menjalin hubungan dengan seluruh Local Guides di seluruh dunia dengan menghadiri acara akbar atau disebut Local Guides Summit yang rutin diselenggarakan oleh Google.

Namun, tidak semua Local Guides mendapatkan kesempatan tersebut, hanya akun yang telah mencapai level 5 ke atas dan paling kontributif dalam membantu sesama yang bisa mengikuti proses seleksi nya.

Seleksi biasanya dilakukan dengan cara mengunggah video tentang diri kamu dan menjelaskan apa kontribusi selanjutnya yang ingin kamu lakukan. 

Jika kamu berminat, pastikan sebelumnya bahwa kemampuan Bahasa Inggris kamu baik, karena itu juga merupakan poin yang paling di pertimbangkan oleh Google dalam memilih Local Guide yang tepat untuk mengikuti acara akbar yang mereka selenggarakan. 

Local Guides Summit terakhir yang saya ketahui di selenggarakan di San Francisco, dan 2018 akan diselenggarakan di California dengan tema Connect Live.

3. Dikenal Banyak Orang

Dikenal merupakan keinginan dari banyak orang, dan perlu kita ketahui bahwa Google Local Guides bisa menjadi salah satu jalan untuk bisa terkenal. 

Menurut saya, memberi ulasan yang bermanfaat adalah cara yang paling efektif untuk meningkatkan popularitas seorang Local Guides.

Level akun yang tinggi juga merupakan faktor pendukung agar kamu dikenal banyak orang, karena dari level 4 hingga 10 kamu akan diberi Badge tergantung dari level akun yang akan membuat ulasan kamu menjadi sorotan utama banyak orang.

4. Mendapat Akses Awal ke Fitur-Fitur Google

Bisa mencoba fitur-fitur baru Google sebelum orang lain bisa mencoba nya bagi saya merupakan salah satu hak paling istimewa yang bisa dirasakan oleh para Local Guides. Apa maksudnya? 

Jika Google baru merilis suatu fitur di salah satu aplikasi mereka, maka para Local Guides lah yang terutama bisa merasakan manfaat dari fitur baru tersebut. 

Bisa dikatakan Local Guides merupakan beta tester dari suatu fitur baru Google. 

Contohnya baru-baru ini Google Maps merilis fitur baru, yakni nilai persentase kecocokan minat seseorang dengan suatu tempat. 

Berdasarkan informasi yang saya baca dari beberapa forum Local Guide, fitur ini baru hanya bisa digunakan oleh Local Guides saja. 

5. Memungkinkan Kita Terhubung Melalui Forum Local Guides 

Forum ini bernama localguidesconnect, forum ini merupakan rumah bagi seluruh Local Guides untuk saling berdiskusi tentang banyak hal yang berkaitan dengan Local Guides dan belajar bagaimana menjadi Local Guide yang baik dengan Local Guide yang sudah berpengalaman. Untuk bergabung tentu kamu harus menjadi Local Guides terlebih dahulu.

6. Mendapat Balasan dari Tuhan

Setiap perbuatan baik atau buruk pasti memiliki ganjaran. Ini bukan lawakan, jika setiap ulasan yang kita berikan sebagai Local Guide dengan niat membantu orang lain maka percayalah, Tuhan akan membalas nya dalam bentuk yang sama sekali tidak kita sangka.

Itulah dia 6 manfaat yang akan kamu peroleh jika menjadi Google Local Guides, mulai dari manfaat yang kita terima di dunia, hingga manfaat yang kita terima di akhirat. Apakah kamu tertarik menjadi Local Guide?

5 komentar untuk "6 Manfaat Berkontribusi di Google Local Guides "

  1. Penjelasan yang sangat bagus dan bisa bermanfaat untuk semua orang

    BalasHapus
  2. Mantap bib.
    Ana udah level 6 dan sudah dapat rewards yg gak di sangka².terakhir dapat voucher senilai 75k dari toped.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi terimakasih sudah sempat membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

      Hapus