Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshoot Menggunakan Fingerprint di Android

Cara Screenshoot Menggunakan Fingerprint di Android dengan mudah dan cepat

Halo pembaca, sudah lama tak jumpa. Kali ini saya ingin berbagi sebuah tips atau lebih tepatnya tutorial tentang cara yang bisa digunakan untuk screenshoot tanpa menggunakan tombol fisik pada Android.

Pangkal dari artikel ini adalah karena saya cukup sering menemui berbagai pertanyaan maupun keluhan terkait alternatif screenshoot tanpa menekan tombol Power +  Volume Down. 

Ada juga pertanyaan tentang cara menggunakan fitur usap 3 jari untuk screenshoot pada smartphone dengan ROM Stock Android.

Perlu kamu ketahui bahwa, fitur-fitur seperti usap 3 jari tidak terdapat pada smartphone Android dengan ROM Stock Android maupun Android One. 


Contohnya seperti, Asus Zenfone Max Pro M1, Xiaomi Mi A1, Xiaomi Mi A2, Xiaomi Mi A2 Lite, hingga sekelas smartphone flagship seperti Google Pixel.

Pertanyaan di atas biasanya akan mendapatkan berbagai macam komentar apabila dipublikasikan ke sebuah forum.

Solusi yang paling umum diberikan adalah dengan membuat shortcut (jalan pintas) pada Navbar atau bisa juga pada Quick Settings.

Solusi di atas memang sudah cukup membantu dalam meningkatkan mobilitas pengguna, namun ada satu cara lagi yang menurut saya lebih optimal sebagai alternatif, terlebih jika kita ingin menangkap layar secara berulang, yakni dengan memanfaatkan fitur fingerprint scanner atau akrab dikenal pemindai sidik jari.

Screenshoot dengan sidik jari?

Sederhananya, kita akan memanfaatkan fingerprint untuk screenshoot dengan bantuan sebuah aplikasi pihak ketiga yang dapat diunduh melalui Playstore. Nama aplikasinya adalah Fingerprint Quick Action.

Bagaimana cara kerjanya?

Cara kerjanya, aplikasi Fingerprint Quick Action akan merespon sidik jari (baik itu terdaftar maupun tidak) yang tertempel pada fingerprint scanner sebagai perintah untuk menangkap aktifitas layar yang sedang berlangsung.

Perlu kamu ketahui juga, aplikasi Fingerprint Quick Action tidak hanya bisa digunakan untuk screenshoot, namun juga dapat kita gunakan untuk memproses perintah lain seperti mematikan layar menggunakan fingerprint, membuka kamera menggunakan fingerprint, membuka aplikasi tertentu menggunakan fingerprint dan masih banyak lagi.

Apakah cara ini hanya bisa digunakan pada perangkat dengan ROM Stock Android?

Semua smartphone berbasis Android dapat menggunakannya selagi perangkat tersebut dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari.
Sebenarnya, kita juga bisa menggunakan beberapa aplikasi serupa seperti Fingerprint Scanner Tool, Fingerprint Action Pro atau Fingerprint Gestures. Kamu bebes menggunkan yang mana saja, namun bagi saya yang paling nyaman digunakan dan stabil adalah aplikasi Fingerprint Quick Action.

Cara Screenshoot Menggunakan Fingerprint

1. Unduh aplikasi Fingerprint Quick Action disini.
2. Buka Aplikasi Fingerprint Quick Action.
3. Setelah aplikasi terbuka, centang Enable Fingerprint Quick Action.
4. Berikan beberapa akses atau izin terhadap aplikasi jika diminta.
5. Kemudian, tekan Single Tap Action dan pilih Take Screenshoot.
6. Selesai.
Kamu juga bisa mengaktifkan fitur Double tap jika kamu mau.

Penutup

Sampai disini kamu sudah bisa melakukan screenshoot dengan mudah menggunakan fingerprint. Namun saya biasanya menggunakan cara tersebut ketika itu benar-benar dibutuhkan. 


Oleh karena itu, saya melakukan beberapa kustomisasi agar fitur ini dapat dengan mudah diaktifkan ataupun dinonaktifkan, yakni dengan menambahkan quick setting khusus. 

Namun itu hanya sebuah opsional, kamu bisa gunakan ataupun tidak, tergantung kebutuhan.

Itulah cara yang dapat kamu lakukan agar dapat melakukan screenshoot menggunakan fingerprint atau sidik jari. 

Semoga informasi di atas bermanfaat dan mampu meningkatkan mobilitas kamu dalam menggunakan smartphone. Sebarkan jika kamu merasa artikel ini bermanfaat sekaligus membantu perkembangan blog ini. Stay update!

2 komentar untuk "Cara Screenshoot Menggunakan Fingerprint di Android"