Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Jumlah Slot RAM dari Task Manager, Tanpa Bongkar Laptop


RAM adalah hal yang begitu penting untuk dipertimbangkan saat membeli laptop, baik itu ukuran dan ketersediaan slot RAM. Slot RAM penting bagi pengguna yang ingin mengupgrade ukuran RAM laptop atau komputernya.
Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui jumlah slot RAM sebelum kita melakukan peningkatan terhadap ukuran RAM. Mengetahui jumlah slot RAM juga berguna untuk meminimalisir kerugian ataupun menghemat biaya dana yang harus dikeluarkan untuk upgrade RAM. Lantas bagaimana caranya? 

Caranya adalah dengan membongkarnya langsung. Cara ini memang kurang efektif, apalagi untuk laptop yang tidak memiliki bukaan khusus untuk slot RAM+masih ada garansi. Jadi saya akan berbagi cara untuk mengetahui jumlah slot RAM pada laptop dan komputer tanpa membongkarnya, agar kamu tidak usah khawatir dan repot membongkar bagian bawah laptop.

Cara Mengetahui Jumlah Slot RAM tanpa Membongkar Laptop Melalui Task Manager

1. Buka Task Manager dengan cara menekan tombol Alt+Shift+Esc, atau melalui Start, cari Task Manager dan buka. 
2. Setelah jendela Task Manager terbuka, pilih tab performance, pilih memory. Disitu akan terlihat info Slot Used atau kalau diartikan artinya slot yang digunakan. Lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya.
3. Jika disitu tertera Slot Used: 1 of 1 artinya laptop kamu hanya memiliki satu slot (single channel). Namun jika tertera Slot Used: 1 of 2 artinya laptop kamu memiliki 2 slot (dual channel) dimana 1 slot sedang digunakan.

Sekedar info, sebenarnya ada 2 jenis RAM, yaitu On board dan Slot. Jadi jangan senang dulu bagi sobat yang tertera Used Slot 1 of 2, khususnya bagi pengguna laptop. Bisa jadi laptop sobat hanya memiliki 1 slot kosong dan 1 lagi on board atau tertanam pada mother board. Parahnya lagi kalau laptop kawan-kawan memiliki 1 slot, dan slot itu adalah bersifat on board yang sejak awal memang tidak bisa dicopot. Jadi pesan saya jangan buru-buru beli RAM, kenali dulu spesifikasi laptop kita dengan baik.
Jadi itulah cara mengetahui jumlah slot RAM pada laptop atau komputer tanpa susah payah membongkar. Semoga teman-teman terbantu dengan artikel ini dan jangan lupa tinggalkan komentar positifnya, terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Jumlah Slot RAM dari Task Manager, Tanpa Bongkar Laptop"