Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Masuk Safe Mode Windows 10, 8 dan 7 Paling Mudah

Penjelasan Singkat Seputar Safe Mode

Sebelum kita membahas cara masuk safe mode ada baiknya kita mengetahui pengertian dari safe mode itu sendiri. Safe mode adalah mode diagnostik terhadap sistem operasi, baik itu Windows, Linux, Android atau pun yang lainnya. Khusus pada sistem operasi Windows, booting dalam keadaan safe mode hanya memungkinkan program-program dan layanan penting untuk berjalan.

Merujuk pada pengertian safe mode di atas, safe mode biasa digunakan untuk memperbaiki masalah software pada sebuah sistem operasi. Contohnya untuk menghapus virus bandel, mendiagnosa dan mencari akar masalah pada sistem operasi, dan mencopot program yang berbahaya. 

Untuk masuk ke dalam safe mode pada Windows 10 ada sangat banyak cara yang bisa digunakan, namun pada artikel ini saya hanya merangkum cara paling mudah untuk masuk kedalam safe mode. Jangan khawatir bagi sobat yang menggunakan Windows 7 dan Windows 8, karena cara di bawah juga akan berlaku pada versi Windows tersebut.

Cara Masuk Safe Mode di Windows 10

1. Menggunakan System Configuration (Msconfig)

Cara termudah untuk masuk ke dalam safe mode adalah menggunakan Msconfig atau Sistem Configuration. Cara ini merupakan cara yang paling sering saya gunakan. Jadi pada cara ini kita akan menyetel opsi booting "selanjutnya" dalam keadaan safe mode. Caranya adalah sebagai berikut.
  • Masuk ke System Configuration dengan shortcut Windows+R, kemudian ketik "msconfig" tanpa tanda petik.
  • Setelah System Configuration terbuka, pilih tab Boot.
  • Pada bagian Boot options, centang Safe boot dan klik OK, sesuaikan konfigurasi seperti gambar di bawah.
Keterangan:
Minimal:  Mode Aman normal
Shell alternatif:  Safe Mode hanya menggunakan Command Prompt
Perbaikan Direktori Aktif: Digunakan hanya untuk memperbaiki server Direktori Aktif
Jaringan: Mode Aman dengan dukungan jaringan

Setelah sobat klik OK maka booting selanjutnya akan masuk dalam keadaan safe mode. Booting setelahnya akan booting seperti biasa.  

Itulah cara paling mudah untuk masuk ke dalam safe mode pada sistem operasi Windows. Sebenarnya sobat juga bisa masuk ke safe mode dari keadaan awal komputer mati, yaitu dengan menekan suatu tombol saat proses booting seperti saat kita ingin masuk kedalam setelan BIOS

Sobat bisa menggunakan tombol F8 saat booting, tapi jika tombol tersebut tidak bekerja, kemungkinan besar fungsi tombol tersebut telah dinonaktifkan atau fungsi tersebut diwakilkan oleh tombol yang lain. Sobat bisa mencari informasi tentang hal tersebut berdasarkan perangkat sobat. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika sobat merasa ini berguna dan membantu.

Posting Komentar untuk "Cara Masuk Safe Mode Windows 10, 8 dan 7 Paling Mudah"