Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Laptop Mendukung Auto Cut atau Tidak

Cara Mengetahui Laptop Mendukung Auto Cut atau Tidak

Last updated: 26 October 2020
Auto cut pada laptop adalah sebuah teknologi yang diterapkan pada laptop masa kini yang berfungsi sebagai sistem proteksi muatan pada baterai.

Sederhananya, prinsip kerja dari sebuah fitur auto cut adalah dengan memutus tegangan yang masuk pada baterai jika telah mencapai suatu level tertentu dan mengalihkannya langsung kepada sumber power dari motherboard. 

Sehingga jika fitur auto cut laptop dalam keadaan aktif, maka laptop menerima daya bukan dari baterai, namun langsung dari adaptor. 

Auto cut sendiri memiliki fungsi utama yakni menjaga kesehatan baterai laptop karena mencegahnya over load (kelebihan muatan).

Saya pribadi sangat tertolong dengan keberadaan fitur auto cut, karena saya termasuk orang yang kadang-kadang mendadak gamer, jadi fitur ini acap kali saya gunakan.

Apakah Semua Laptop Memiliki Fitur Auto Cut?

Beruntung kamu yang memiliki laptop dengan tahun produksi yang terbilang baru, karena kebanyakan diantaranya sudah memiliki fitur tersebut, tapi itu "kebanyakan", artinya ada juga laptop keluaran baru yang tidak memiliki fitur auto cut. 

Jika laptop keluaran lama, saya tidak menjamin fitur tersebut itu ada atau tidak, karena sejauh ini saya belum mendapatkan sampel yang cukup untuk membuktikan bahwa laptop keluaran lama tidak memiliki fitur auto cut. 

Untuk menjawab ketidakpastian tersebut, saya akan memberikan beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk mengetahui laptop kamu itu memiliki fitur auto cut atau tidak, terlepas dari waktu produksi perangkat tersebut.

Cara Mengetahui Laptop Mendukung Auto Cut atau Tidak

Melalui Device Manager

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke device manager dengan cara Start, pada kolom pencarian ketik Device Manager dan buka aplikasinya.
2. Setelah masuk ke device manager temukan Batteries, dan klik 2X ikon baterai tersebut sehingga muncul sub driver dari baterai.
3. Jika sub driver baterai sudah muncul, yang harus kamu lakukan adalah memastikan keberadaan sebuah driver yang bernama Microsoft ACPI-Compliant Embedded Controller.
4. Jika ada, artinya perangkat kamu mendukung fitur auto cut, namun jika tidak ada, besar kemungkinan perangkat kamu tidak mendukung fitur auto cut.

Melalui Keterangan Pada Ikon Baterai

Selain cara di atas, untuk mengetahui laptop memiliki fitur auto cut atau tidak adalah dengan memperhatikan info yang ada pada logo baterai yang terletak pada task bar

Karena biasanya auto cut aktif saat baterai mencapai level 99 (tidak semua), jadi kamu harus mengisi daya hingga level tersebut tercapai. Fitur auto cut pada laptop saya aktif saat baterai terisi 90%.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pastikan baterai kamu 99% dan charger masih aktif.
2. Klik ikon baterai pada taskbar hingga detail info baterai ditampilkan.
3. Perhatikan pada info detail tersebut, apakah ada tulisan "Not Charging"? Lihat gambar di bawah ini.
4. Jika ada, itu artinya laptop mendukung fitur auto cut. Namun jika tidak ada berarti laptop tidak mendukung fitur auto cut.

Selain cara tadi, kamu juga bisa mengarahkan kursor pada ikon baterai, dan biarkan beberapa detik hingga muncul keterangan seperti dibawah ini.
Jika tulisannya plugged in, not charging, artinya laptop mendukung fitur auto cut. Selain tulisan itu artinya laptop tidak mendukung fitur auto cut.

Penutup

Bagaimana? Sudah tahu caranya kan? Itulah dia cara mengetahui apakah laptop memiliki fitur auto cut atau tidak. Cara ini berlaku untuk semua merk laptop dan tipe, seperti Laptop ASUS, Lenovo, HP, Dell, Samsung, Acer dan masih banyak lagi. Semoga bermanfaat bagi pembaca, stay update. 

FAQ

Gan, Microsoft ACPI-Compliant Embedded Controller ada, tapi kenapa auto cut di laptop saya tidak aktif?

Jawaban: Banyak nih yang nanya begini, ternyata untuk beberapa varian laptop kita memerlukan software pendukung untuk bisa merasakan fitur auto cut, beberapa contohnya seperti Lenovo, ASUS dan ACER. Berikut beberapa software pendukung dari beberapa perusahaan laptop yang saya tau.
Kalau sobat tau aplikasi yang lain kasi tau di komentar yak.

12 komentar untuk "Cara Mengetahui Laptop Mendukung Auto Cut atau Tidak"

  1. tapi laptop saya batreinya 100%, dan tertulis fully charged. dan setelah di cek di device manager ada fitur auto cut power, dan di cek di aplikas batrei health, gak ada daya masuk setelah di charge. berarti itu ada fitur autocut power juga kan? btw laptop saya HP.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada gan, produk HP memang begitu berdasarkan yang saya baca di salah satu forum.

      Hapus
  2. Saya pakai Windows 8.1 Pro. Kalo dilaptop saya juga sama fully charged tapi yang "Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery" ada. Tapi selalu fully charged, tidak pernah ada tulisan "Plugged In, Not Charging". Apakah laptop saya mendukung auto cut off? Oh iya hampir lupa. Laptop saya ASUS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak mendukung gan, coba update windows ke windows 10.

      Hapus
  3. Kalo dilaptop saya juga sama fully charged tapi yang "Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery" ada. Laptop saya ASUS dan OS Windows 8.1 Pro. Apakah laptop saya mendukung auto cut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak mendukung gan, coba update windows ke windows 10 dan bertanya ke forum laptop terkait gan.

      Hapus
  4. Gan dilaptop saya ada fitur microsoft acpi, ko ttp fully charger ya ?
    Windows 10 pknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai laptop tipe apa gan? Terkadang beberapa tipe laptop harus diaktifkan melalui aplikasi pendukung. Contohnya seperti laptop Lenovo Ideapad 330, untuk mengaktifkan fitur auto cut harus menggunakan software Lenovo Vantage. ASUS juga begitu, terkadang perlu software ASUS Battery Health Charging untuk mengaktifkan fiturnya. Semoga membantu gan.

      Hapus
  5. Gan dilaptop saya ada fitur microsoft ACPI-Compliant Method Battery, tetapi full charger ya ?
    Windows 10, hp dk 0023au?

    BalasHapus
  6. gan di laptop saya ada microsoft ACPI-Compliant method battery, tetapi masih full charge ini gmn ya? (acer nitro5 AN515-55)

    BalasHapus