Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 HP Android Berponi Termurah 2018, Hanya 2 Jutaan

Memiliki HP Android dengan layar poni atau notch dengan harga murah di tahun 2018? Kenapa tidak? Pada artikel ini saya sudah merangkum setidaknya 9 buah smartphone android dengan harga murah tapi memiliki poni (notch) baik yang sudah di luncurkan di Indonesia atau yang belum diluncurkan


Smartphone berponi paling murah 2018
Kamu gak tau apa itu notch atau poni?

Bagi yang belum tahu, notch adalah desain smartphone masa kini yang menghadirkan layar yang dilengkapi poni di sisi atas layar yang pada umumnya terdapat kamera dan sensor cahaya. Kamu bisa lihat gambar di bawah ini yang mungkin akan menjawab kebingungan kamu tentang notch pada smarphone.

notch adalah desain smartphone masa kini yang menghadirkan poni pada sisi atas layar yang pada umumnya terdapat kamera dan sensor cahaya.
Tanpa panjang lebar langsung saja simak 9 Android yang memiliki layar poni dengan harga paling murah saat ini. Spesifikasi singkat juga akan saya sertakan sebagai informasi tambahan terkait perangkat yang saya kutip dari banyak website yang sangat luar biasa. Perlu diketahui bahwa harga yang tertera bisa saja lebih murah atau lebih mahal, tergantung dari perubahan harga pasar. Saya akan melakukan pembaruan terhadap harga jika memungkinkan. 

9 HP Android Berponi dengan Harga Termurah 2018


1. VIVO Y83 RAM 4GB

Smartphone 2 jutaan yang memiliki notch
Harga Termurah: Rp 2.520.000
Sektor Unggulan: Price, Display, Multitasking
Tentang Perangkat: Pada posisi pertama di tempati oleh Vivo Y83 sebagai smartphone android termurah yang memiliki poni. Walaupun Vivo Y83 terbilang sudah lama rilis, namun perangkat ini masih layak menjadi pilihan, apalagi bagi kita yang memiliki budget kecil.

Banyak orang mengatakan bahwa perangkat ini merupakan alternatif terbaik dari Vivo V9, selain karena harganya yang jauh lebih murah, fitur yang dihadirkan pada perangkat ini juga tak kalah menarik. 

Spesifikasi Vivo Y83 terdiri dari Chipset Mediatek MT6762 Helio P22, RAM 4GB, ROM 32GB, kamera belakang beresolusi 13MP dan kamera depan beresolusi 8MP. Layarnya berukuran 6.22" berteknologi IPS beraspek rasio 19:9 dengan tambahan notch sederhana di bagian atasnya. Vivo Y83 ditenagai baterai Li-Ion berkapasitas 3260 mAh. 

Smartphone ini juga dilengkapi dengan sistem keamanan fingerprint di bagian depan, tepatnya dibawah layar. Terdapat beberapa pilihan warna, diantaranya adalah black, aurora, white, red dan gold. Smartphone ini cocok buat kita yang ingin memiliki smartphone masa kini dengan harga yang terjangkau. 
LAYAR 6.22"
CHIPSET Mediatek MT6762 Helio P22
CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPU PowerVR GE8320
RAM | ROM 4GB | 32GB
KAMERA Belakang 13MP, Depan 8MP
SENSOR Fingerprint, Accelerometer, Proximity
JARINGAN GSM/CDMA/HSPA/4G LTE
BATERAI Li-Ion 3260 mAh
OS Android 8.1 Oreo


2. OPPO A3s RAM 3GB

HP Android keluaran baru dengan harga murah namun memiliki notch atau poni
Harga Termurah: Rp. 2.699.000
Sektor Unggulan: Battery, Price, Display, Camera, Multitasking
Tentang Perangkat: Oppo A3s adalah smartphone buatan Oppo paling baru dari A series yang telah resmi diluncurkan di Indonesia baru-baru ini. Berdasarkan artikel yang dipublikasikan oleh antaranews.com, Oppo A3s adalah smartphone varian A series pertama yang mengusung fitur dual kamera atau kamera ganda pada bagian belakang, dan ini merupakan aspek penting jika melihat bahwa harga yang dipatok hanya 2.6 jutaan. 

Spesifikasi dari segi hardware juga sudah cukup baik, chipset yang digunakan adalah chipset serupa dengan produk Xiaomi yang cukup laris, yaitu Xiaomi Redmi 5A dengan Snapdragon 450. Layar dari Oppo A3s juga terbilang luas, yaitu dengan ukuran 6.2" dengan aspek rasio 19:9 disertai dengan notch atau poni pada bagian atasnya sebagai tempat kamera depan. 

Berbicara mengenai kamera, Oppo A3s memiliki kamera ganda di bagian belakang yang beresolusi 13MP+2MP dan kamera depan hanya terdapat satu buah dengan resolusi 8MP. Sejauh ini spesifikasi yang ada sudah cukup membuat saya terkesan, namun satu hal yang membuat saya lebih terkesan adalah kapasitas baterai nya, yaitu sekitar 4230 mAh. 

Melihat dari segi software, Oppo A3s sudah menjalankan versi Android OS terbaru, yaitu Android Oreo versi 8.1. Menurut pandangan saya, smartphone ini sungguh rekomendasi untuk dibeli, namun semua itu kembali pada pilihan dan kebutuhan kalian masing-masing.
LAYAR 6.2"
CHIPSET Qualcomm Snapdragon 450
CPU Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 506
RAM | ROM 3GB | 32GB
KAMERA Belakang 13MP+2MP, Depan 8MP
SENSOR Accelerometer, Proximity, Kompas
JARINGAN GSM/HSPA/4G LTE
BATERAI Li-Ion 4230 mAh
OS Android 8.1 Oreo


3. VIVO Y81 RAM 3GB (Segera)

HP android paling murah memiliki poni (notch)
Perkiraan Harga: ± Rp. 2.800.000 
Sektor Unggulan: Display, Price
Tentang Perangkat: Perangkat ini belum di rilis di Indonesia, namun berdasarkan laman sertifikasi perangkat seluler P3DB, Vivo Y81 ini sudah berhasil lulus uji dan mendapat sertifikat TKDN, dan itu artinya perangkat ini sudah bisa didistribusikan di Indonesia. 

Vivo Y81 tampil dengan membawa notch di bagian layarnya yang berukuran 6.22" berjenis IPS. Vivo Y81 hadir dengan RAM 3GB dan ROM 32GB yang didukung oleh slot SDCard sehingga kita tidak perlu khawatir kekurangan tempat untuk menyimpan file penting. 

Untuk sektor fotografi, kamera belakang Vivo Y81 beresolusi 13MP dan kamera depan beresolusi 5MP. Vivo Y81 diluncurkan dengan menggunakan chipset Mediatek MT6762 Helio P22 sebagai dapur pacunya, cukup untuk mengatasi aktivitas sehari-hari. Vivo Y81 ditenagai oleh baterai berteknologi Li-Po dengan kapasitas baterai sebesar 3260 mAh. Namun yang di sayangkan, perangkat ini belum mendukung fitur fingerprint. 
LAYAR 6.22"
CHIPSET Mediatek MT6762 Helio P22
CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPU PowerVR GE8320
RAM | ROM 3GB | 32GB
KAMERA Belakang 13MP, Depan 5MP
SENSOR Accelerometer, Proximity, Kompas
JARINGAN GSM/CDMA/HSPA/4G LTE
BATERAI Li-Ion 3260 mAh
OS Android 8.1 Oreo


4. Xiaomi Mi A2 Lite RAM 3GB

Xiaomi Mi A2 Lite RAM 3GB adalah hp keluaran baru dengan tambahan notch atau poni di layarya, harga murah
Perkiraan Harga: ± Rp. 3.000.000 
Sektor Unggulan: Performance, Camera, Battery, OS, Features
Tentang Perangkat: Karena Xiaomi Mi A2 Lite belum resmi di luncurkan di Indonesia, namun tidak usah khawatir karena Xiaomi Mi A2 Lite akan segera diluncurkan di Indonesia. Xiaomi Mi A2 Lite adalah penerus bagi Mi A1 yang sudah berhasil di pasar Indonesia sebelumnya. Spesifikasi dari Xiaomi Mi A2 Lite sudah cukup baik yaitu menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 625, RAM 3GB, ROM 32GB. 

Bagian belakang telah terpasang dua sensor kamera dengan resolusi 12MP+5MP dan kamera depan hanya beresolusi 5MP. Walaupun kamera pada perangkat ini memiliki resolusi yang rendah, namun Xiaomi Mi A2 Lite sudah bisa menangkap gambar hingga Full HD. Layar pada perangkat ini berukuran 5,84" disertai dengan notch atau poni, aspek ratio 19:9. 

Hal penting lainnya yang wajib di bahas adalah baterai yang berukuran cukup besar, yaitu 4000 mAh, sudah menggunakan USB type-C dan sistem keamanan fingerprint. Xiaomi Mi A2 Lite akan berjalan menggunakan Android Oreo versi 8.1 murni (android one) tanpa balutan MIUI. Harga yang tertera adalah harga resmi saat di luncurkan di Spanyol, dan bukan harga resmi yang masuk ke Indonesia, harga bisa jadi lebih rendah atau lebih tinggi.
LAYAR 5.84"
CHIPSET Qualcomm Snapdragon 625
CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 506
RAM | ROM 3GB | 32GB
KAMERA Belakang 12MP+5MP, Depan 5MP
SENSOR Fingerprint, Accelerometer, Proximity, Kompas, Gyro
JARINGAN GSM/CDMA/HSPA/4G LTE
BATERAI Li-Po 4000 mAh
OS Android 8.1 Oreo (Android One)


5. OPPO A5 RAM 4GB (Segera)

Oppo A5 adalah smartphone murah yang memiliki notch. Perangkat ini belum rilis di Indonesia, namun kita berharap agar Oppo selaku produsen segera merilis perangkat notch murah ini di Indonesia.
Perkiraan Harga: ± Rp. 3.200.000
Sektor Unggulan: Battery, Display, Camera, Multitasking
Tentang Perangkat: Satu lagi smartphone poni dengan harga terjangkau, yaitu Oppo A5 yang masih dirilis di China. Peluncurannya di Indonesia belum bisa dipastikan karena Oppo belum resmi memberikan data tentang negara mana yang akan kebagian Oppo A5.

Lupakan itu, mari kita membahas hal yang paling diunggulkan pada smartphone ini. Oppo A5 dilengkapi kamera ganda di bagian belakangnya dengan resolusi 13MP+2MP dan kamera depan beresolusi 8MP, juga disertai oleh fitur AI yang akan memperindah hasil foto kamu.

Oppo A5 menggunakan chipset yang sangat sering digunakan untuk varian smartphone Oppo kelas menengah yaitu Snapdragon 450 dan diimbangi oleh baterai berukuran besar berteknologi Li-Ion berkapasitas 4230 mAh.

Namun sayangnya, Oppo A5 belum dilengkapi dengan sensor fingerprint yang sangat penting bagi sebagian orang. Satu hal yang hampir saya lupakan yaitu ukuran layar perangkat ini seluas 6.2" berjenis IPS LCD dengan aspek rasio 19:9 yang mendukung multitouch, disertai poni pastinya.
LAYAR 6.2"
CHIPSET Qualcomm Snapdragon 450
CPU Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 506
RAM | ROM 4GB | 64GB
KAMERA Belakang 13MP+2MP, Depan 8MP
SENSOR Accelerometer, Proximity, Kompas
JARINGAN GSM/CDMA/HSPA/4G LTE
BATERAI Li-Ion 4230 mAh
OS Android 8.1 Oreo


6. VIVO V9 RAM 4GB 

VIVO V9 adalah smartphone android yang termasuk ke dalam daftar smartphone paling di cari selama 2018. Harga nya yang terjangkau dengan tambahan poni atau notch membuat smartphone ini digemari orang banyak.
Harga Termurah: Rp. 3.378.000
Sektor Unggulan: Display, Camera, Performance, Multitasking, Features
Tentang PerangkatHal utama yang harus dibahas dari Vivo V9 adalah kamera. Sektor fotografi, kamera belakang Vivo V9 diprakarsai oleh kamera ganda yang mendukung fitur bokeh dengan kerapatan pixel 16MP+5 MP, sedangkan kamera depan terdapat sebuah lensa kamera dengan kerapatan pixel 24MP.

Kemudian dari sektor dapur pacunya, Vivo V9 ditenagai dengan Chipset Qualcomm Snapdragon 626 untuk varian RAM 4GB, dan Qualcomm Snapdragon 660 untuk varian RAM 6GB. Ukuran layar 6.3" dengan hiasan notch dibagian atasnya, support Micro SD, baterai 3260 mAh berteknologi Li-Ion, memori internal 64GB, dilengkapi sensor fingerprint dan face unlock.

Berjalan di versi Android Oreo 8.1. Varian RAM 6GB memiliki harga lebih mahal dari pada RAM 4GB. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang tersedia.
LAYAR 6.2"
CHIPSET Qualcomm Snapdragon 4626
CPU Octa-core 2.2 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 506
RAM | ROM 4GB | 64GB
KAMERA Belakang 16MP+5MP, Depan 24MP
SENSOR Fingerprint, Accelerometer, Proximity, Kompas, Gyro
JARINGAN GSM/CDMA/HSPA/4G LTE
BATERAI Li-Ion 3260 mAh
OS Android 8.1 Oreo


7. OPPO F7 RAM 4GB

OPPO F7 adalah samrtphone yang tampil dengan desain mewah ditambah sentuhan notch atau poni dan harga murah yang semakin membuat smartphone ini semakin diminati oleh masyarakat
Harga Termurah: Rp. 3.638.800
Sektor Unggulan: Display, Performance, Multitasking, Camera, Screen Protector
Tentang Perangkat: Satu lagi smartphone keluaran lama yang saya rasa masih layak diperhitungkan karena harganya yang semakin lama semakin rendah dan speknya yang belum ketinggalan. Pada awalnya Oppo F7 dibandrol dengan harga resmi Rp. 4.100.000, sedangkan sekarang menjadi Rp. 3.638.800 berdasarkan riset saya terhadap harga terendah di salah satu situs jual beli online di Indonesia. 

Mari beralih ke masalah spesifikasi, Oppo F7 telah ditenagai oleh Chipset Mediatek MT6771 Helio P60, RAM 4GB dan ROM 64GB. Sektor kameranya, Oppo F7 hanya memiliki satu buah kamera pada bagian belakang dengan resolusi 16MP bukaan f/1.8, sementara untuk kamera depannya memiliki resolusi lebih besar dari pada kamera belakang yaitu 25MP bukaan f/2.0. 

Sudah jelas target pasarnya di manakan? Oppo F7 juga juga dibekali oleh baterai Li-Ion berkapasitas 3400 mAh. Layar perangkat ini seluas 6.23" dengan aspek rasio 19:9 yang telah dilengkapi oleh corning gorilla glass 5 dan yang tak ketinggalan adalah notchOppo F7 juga dilengkapi oleh sistem keamanan fingerprint. Jika kamu orang yang gemar berselfi ria, smartphone ini cocok untuk kamu miliki.
LAYAR 6.23"
CHIPSET Mediatek MT6771 Helio P60
CPU Octa-core (4x2.0 GHz Cortex-A73 & 4x2.0 GHz Cortex-A53)
GPU Mali-G72 MP3
RAM | ROM 4GB | 64GB
KAMERA Belakang 16MP, Depan 25MP
SENSOR Fingerprint, Accelerometer, Proximity, Kompas, Gyro
JARINGAN GSM/HSPA/4G LTE
BATERAI Li-Ion 3400 mAh
OS Android 8.1 Oreo


8. HUAWEI Nova 3i RAM 4GB | New!

Huawei Nova 3i Smartphone berponi terbaru

Harga Termurah: Rp. 4.199.000
Harga Pre-order: Rp. 3.999.999 (Lazada dan Erafone)
Sektor Unggulan: Kamera+, Display, Storage, AI, Design
Tentang Perangkat: Huawei Nova 3i hadir dengan storage sebesar 128GB yang menjadikannya sebagai smartphone dengan storage tertinggi di daftar ini. Huawei Nova ditenagai oleh chipset Kyrin 710 berteknologi 12 nm dan GPU turbo.

Hal yang paling bagus adalah dari sektor kamera, kali ini Huawei tidak tanggung-tanggung, Huawei Nova 3i memiliki 4 kamera atau quad camera. Kamera belakang beresolusi 16 MP + 2 MP bukaan f/2.2, sedangkan kamera depan beresolusi 24 MP + 2 MP didukung fitur AI master. Layar perangkat ini seluas 6.3" dengan notch atau poni diatasnya.

Tersedia dua pilihan warna, yaitu black dan purple. Perangkat ini dilengkai dengan sistem keamanan face unlock dan fingerprint. Perangkat ini bisa menjadi mimpi buruk bagi Asus Zenfone 5 yang memiliki harga lebih mahal darinya.

Namun yang disayangkan, Huawei Nova 3i tidak memiliki fitur USB type-C dan NFC yang sebagian orang menganggap hal itu penting.
LAYAR 6.3"
CHIPSET Hisilicon Kirin 710
CPU Octa-core (4x2.2 GHz Cortex-A73 & 4x1.7 GHz Cortex-A53)
GPU Mali-G51 MP4
RAM | ROM 4GB | 128GB
KAMERA Belakang 16MP+2MP, Depan 24MP+2MP
SENSOR Fingerprint, Accelerometer, Proximity, Kompas, Gyro
JARINGAN GSM/CDMA/HSPA/4G LTE
BATERAI Li-Ion 3340 mAh
OS Android 8.1 Oreo


 9. ASUS Zenfone 5 RAM 4GB

ASUS ZENFONE 5 adalah smartphone terakhir yang dikategorikan sebagai smartphone android harga murah dan terjangkau dengan notch di layarnya.
Harga Termurah: Rp 4.499.000
Sektor Unggulan: Camera +, Display, Multitasking, Performance, AI, Features
Tentang Perangkat: Setelah berhasil meluncurkan smartphone gamingnya yaitu Asus Zenfone Max Pro M1, kini Asus kembali meluncurkan varian terbarunya yaitu Asus Zenfone 5.

Pada perangkat ini kamera merupakan sektor yang paling dibanggakan Asus dengan skor DXOMARK sebesar 90 poin. Asus Zenfone 5 hadir dengan kamera ganda di bagian belakang beresolusi 12MP f/1.8+8MP f/2.0, sensor Sony IMX dan mendukung fitur OIS. Sedangkan kamera depan beresolusi 8MP dengan bukaan f/1.8.

Kamera perangkat ini dinilai memiliki sensitifitas terhadap cahaya 5X lebih baik dibandingakan varian yang lainnya. Pengalaman fotografi anda juga akan sangat terbantu dengan adanya fitur artificial intelligence (kecerdasan buatan) yang dihadirkan pada perangkat ini.

Asus Zenfone 5 memiliki chipset Qualcomm Snapdragon 636 yang sudah dioptimalkan, menggunakan USB Type-C, kapasitas baterai 3300 mAh berteknologi Li-Ion serta mendukung fitur fast charging 5V/2A.

Layar hadir dengan teknologi IPS berukuran 6.2" memiliki aspek rasio 18.7:9, dilindungi oleh corning gorilla glass serta yang tak kalah menarik adalah notch di bagian sisi atas layar yang menambah kesan modern pada perangkat ini. Perangkat ini berjalan pada versi Android terakhir yaitu Android Oreo 8.1 dan dibalut oleh ZenUI. Bagian belakang dibalut oleh kaca dengan sentuhan pattern yang mewah.
LAYAR 6.2"
CHIPSET Qualcomm SDM636 Snapdragon 636
CPU Octa-core Kryo 260
GPU Adreno 509
RAM | ROM 4GB | 64GB
KAMERA Belakang 12MP+8MP, Depan 8MP
SENSOR Fingerprint, Accelerometer, Proximity, Kompas, Gyro
JARINGAN GSM/HSPA/4G LTE
BATERAI Li-Ion 3300 mAh
OS Android 8.1 Oreo
Mungkin untuk saat ini hanya ada 9 hp android yang saya rasa wajar untuk dimasukkan kedalam kategori hp android berponi dengan harga paling murah. Saya juga sudah cantumkan informasi singkat tentang perangkat di atas sebagai bahan pertimbangan bagi anda. Semoga artikel yang saya buat bermanfaat untuk anda.

Posting Komentar untuk "9 HP Android Berponi Termurah 2018, Hanya 2 Jutaan"